Ko*”Aku tahu ini sayur apa “*

Kali ini teman teman TK B belajar meng eklsplore tanaman yang ada di sekolah. Kegiatan kita mulai dengan sholat Dhuha berjamaah dan mengaji ummi. Dan karena tema kita 2 bulan ini adalah sayuran maka kita mulai eksplor sayuran apa saja sih yang ada di sekolahan kita ini.
Kita mulai berkeliling untuk melihat lihat tanaman apa saja yang ada di sekolahan. Nampak, pohon parai yang merambat, sontak tanaman itu membuat anak anak penasaran. Mereka lihat lebih dekat tanaman itu, mereka pegang buahnya dan juga pohon dan daunnya. Saling tanya kepada teman kira kira tanaman apa ya ini. Hingga salah satu anak bertanya “Bunda ini tanaman apa ya ? Kok ada jerawatnya 🤭 iya bunda ini tanaman apa ya kok buahnya besar pohonnya kecil. Akhirnya saya perkenalkan ini namanya tanaman parai atau pare, tanaman ini termasuk sayuran juga. Akhirnya mereka memberikan respon ” bunda aku mau makan pare deh, nampaknya enak ” begitu pula dengan anak yang lain.

Setelah itu kita berpindah ke tanaman yang ada di taman hidroponik sekolahan disana anak anak menjumpai tanaman yang cukup familiar untuk mereka. Misalnya saja saat melihat bayam hijau, sawi dan selada mereka dengan mudah langsung membagikan cerita pengalaman makan sayuran tersebut. Tapi ada satu tanaman yang membuat mereka bertanya-tanya dan menebak – nebak yaitu tanaman berdaun ke unguan dan seperti bayam hijau daun dan batangnya. Salah seorang anak bertanya ” Bun, itu kenapa tanaman bayamnya kok begitu warnanya ?” Lalu saya ajak anak anak melihat lebih dekat tanaman tersebut, akhirnya salah dua dari mereka bilang ini daunnya sama kayak ini ( sambil membawa daun bayam ) tapi kok begini ya. Apa dia sakit Bun ? Apa tidak di kasih pupuk ? Atau tidak di siram ?
Akhirnya, saya kenalkan ini namanya bayam merah teman teman… Memang warnanya seperti ini, jadi ada 2 jenis bayam di taman kita, ada yang hijau yang sering teman teman makan dan ada yang merah ya. Mereka sangat penasaran hingga ingin sekali makan bayam merah, akhirnya mereka meminta izin untuk memanen beberapa batang untuk mereka bawa pulang dan meminta tolong ibu memasak. Setiap anak membawa pulang seikat kecil bayam merah yang mereka panen sendiri.

Sesampainya di kelas saya sudah menyiapkan beberapa sayuran seperti terong, wortel, timun, brokoli,pare,sawi,kol, kentang dan juga buncis. Dengan cepat mereka mengetahui sayuran yang ada di kelas saat itu. Dan tibalah saat menulis tanaman apa saja sih yang sudah kita palajari hari ini. Dengan antusianya mereka mengambil alat tulis dan mulai menulis ( dengan cara meniru ) karena beberapa sayuran sudah saya berikan Lebel, dan yang belum ber Lebel saya tulis di papan tulis saat mereka meminta bantuan bagaimana tulisannya. Dan Alhamdulillah, mereka sangat senang dan pulang dengan raut wajah berseri-seri 🤗

Bonus nih !
Tiba ke esokan harinya mereka bercerita betapa serunya pengalaman mereka memakan bayam merah 🤭 ternyata ada beberapa anak yang suka dan beberapa anak masih belajar untuk suka makan sayur bayam merah ini.

End and Thank you ❤️

 

.     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *