MENGHITUNG BENDA DENGAN SATUAN BAKU DAN SATUAN TIDAK BAKU


Hai teman-teman,,,
Kali ini kelas 3 kacang panjang akan berbagi cerita pengalaman belajar di masa pandemi. Pandemi corona saat ini memang membuat aktivitas belajar sedikit terbatasi,tetatpi kita tetap bisa belajar asyik di dalam kelas lhoo,,,

Contohnya kita belajar tentang “menghitung benda dengan satuan baku dan satuan tidak baku”
Benda yang digunakan sebagai media belajarnya bebas yang penting bendanya ada di dalam dan sekitar kelas, semisal: papan tulis, meja, almari, sapu, keset, ruangan kelas, atau bahkan kita juga bisa menghitung tinggi badan diri kita sendiri atau teman sekelas kita, dll.

Sedangkan alat yang digunakan jika ingin menghitung dengan satuan baku kita bisa menggunakan penggaris, meteran, dan timbangan. Kemudian jika ingin menghitung dengan satuan tidak baku kita bisa menggunakan jengkal, langkah, dan hasta.

Dengan begitu kita jadi tahu perbedaan antara menggunakan satuan baku dan tidak baku.
Yaitu ketika kita menghitung benda dengan satuan baku maka hasil yang kita temukan akan sama dengan hasil yang ditemukan teman kita karena alatnya sudah ada ukurannya.

Sedangkan jika kita menghitung benda dengan satuan tidak baku hasil yang kita temukan kemungkinan besar berbeda dengan hasil yang ditemukan oleh teman-teman kita.

Seperti contoh jika kita menghitung ruang kelas menggunakan langkah ada yang menghitung dengan hasil 15 langkah dan ada juga yang hanya 13 langkah, itu wajar karena setiap langkah seseorang pasti berbeda ada yang langkahnya panjang, ada yang langkahnya pendek.

Belajar dengan menemukan sendiri jawabannya dan menggunakan media belajar yang konkrit insyaAllah akan memepermudah kita untuk memahami dan mengingat kembali pembelajaran.

Dari cerita Pengalaman pembelajaran kita di atas teman-teman juga bisa praktekan sendiri
di rumah yaaa,,😊

Tetap semangat belajar ya teman-teman,
Jaga kesehatan, dan salam ceria dari SD 3 kacang panjang fitrah lebah,,,🤗

Nantikan cerita pengalaman belajar kita selanjutnya,,,
See you 🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *