MENGUKUR PANJANG BENDA DENGAN SATUAN TIDAK BAKU

 

Assalaamu’alaikum teman-teman…

Hari ini aku senang sekali, karena hari ini aku jadwal luring di sekolah. Sebenarnya sedih ya, karena tahun ini aku tidak bisa ke sekolah setiap hari. Tapi semua ini dilakukan demi kesehatan kita semua.  Seperti teman-teman ketahui, saat ini kondisi kita sedang sulit karena adanya virus Corona. Banyak kegiatan kita yang dibatasi, termasuk kegiatan sekolah.

Oya teman-teman, meskipun kondisi kurang mendukung, jangan mengurangi semangat kita untuk terus belajar ya….Nha hari ini aku akan belajar mengukur panjang benda. Tapi karena aku masih kelas 1 SD, aku mengukur panjang benda  menggunakan satuan tidak baku.

Apa sih satuan tidak baku…..?

Satuan tidak baku adalah satuan yang apabila digunakan untuk mengukur suatu benda maka hasil dari pengukurannya berbeda antara satu orang dengan orang lain atau mengahasilkan nilai yang tidak tetap.

Apa saja ya yang biasa digunakan untuk mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku…? Banyak sekali contohnya, yaitu menggunakan depa, jengkal, langkah kaki, tali, korek api dan lain-lain.

Yuk lihat kegiatanku hari ini. Aku dan teman-temanku akan mengukur panjang benda menggunakan jengkal tangan

 

 

Ahaa…. Aku jadi tahu panjang papan tulis di kelasku adalah 25 jengkalku, tapi setelah diukur oleh temanku panjang papan tulisnya adalah 23 jengkal. Lain lagi dengan  panjang sapu adalah 17 jengkalku, tapi setelah diukur temanku panjang sapu adalah 15 jengkal.

Ternyata benar ya teman-teman…. hasil dari pengukuran menggunakan satuan tidak baku berbeda-beda atau tidak tetap nilainya.

Seru banget lho teman-teman,  kita jadi mengukur panjang benda di sekitar kita dan membandingkan dengan ukuran teman-teman kita. Yuk kita ukur lagi benda-benda lain yang ada di rumah kita yuk…..Teman-teman bisa menggunakan ukuran yang lain ya…

Selamat mencoba…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *