Serunya, belajar mengenal sayuran

Pada dasarnya, otak manusia berkembang pesat saat masih usia kanak-kanak. Oleh karena itu, mengenalkan banyak hal penting dilakukan untuk membentuk kepribadiannya kelak. Segala informasi yang diterima oleh anak-anak akan mereka masukkan ke dalam memori, diolah, dan dideskripsikan melalui berbagai tingkah laku. Namun, tentunya setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Alam adalah media yang sangat baik untuk proses perkembangan kecerdasan si kecil. Ada banyak hal yang bisa dikenalkan kepada anak. Biasanya, alam juga memberikan suasana berbeda bagi sang anak untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan.Ada beragam manfaat anak belajar di alam terbuka misalnya lebih mudah memahami karena belajar dengan menggunakan benda konkret, melatih motorik anak, menambah kecintaan dengan alam, meningkatkan keaktifan anak, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah, sama hal nya yang sedang dilakukan teman-teman kenikir ini. mereka sedang belajar mengenal sayuran yang ada lingkungan sekolahnya. oh iya teman-teman, di sekolah kami banyak tanaman sayuran lho.. karena itu teman-teman kenikir ini belajar mengenal sayurannya di kebun sekolah. Ada banyak sayuran yang di eksplore oleh teman-teman kenikir kali ini, seperti sayur parai, sayur mentimun, bayam merah, bayam hijau,sawi, selada, terong dan masih banyak lagi.

Selain itu, saat kegiatan berlangsung teman-teman kenikir ini sangat senang dan antusias lho teman-teman. banyak sekali pertanyaan yang di lontarkan teman-teman kenikir ke bunda gurunya. Misalkan saat kita sedang meng eksplore sayuran parai, ada yang bertanya ” Mengapa sayuran parai ini berjerawat ya bunda ? apakah tidak disiram atau tidak diberikan pupuk ?” kasian sayur parainya berjerawat dan kasar. Tidak hanya itu rasa penasaran teman-teman kenikir juga tertuju pada tanaman berdaun keunguan ( bayam merah ) mereka heran kenapa daunnya tidak berwarna hijau ya ? tetapi pertanyaan dari teman-teman kenikir akhirnya di jawab oleh bunda gurunya teman-teman. Hal itu membuat teman-teman kenikir bertambah senang bisa belajar mengenal sayuran. Bahkan teman-teman kenikir berkata ingin mencoba makan sayuran sawi, terong, bayam merah dan juga bayam hijau loh.Tidak hanya itu loh teman-teman, teman-teman kenikir ini juga belajar menulis nama-nama sayuran yang tadi mereka eksplor.

wahh… seru banget ya belajar mengenal sayuran bersama teman-teman kenikir ini. kira-kira bagaimana dengan teman-teman, sudah taukah tanaman sayuran yang ada di sekitar rumah teman-teman ? atau sudah pernah mencoba makan sayuran tersebut ?

Sekian teman-teman cerita dari kami, semoga teman-teman tetap semangat belajar dan makan sayur ya

Terima kasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *